Khasiat Herbal Temu Kunci

Temu kunci adalah merupakan salah satu tumbuhan yang termasuk kedalam kategori rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu penyedap rasa dalam masakan bagi masyarakat khususnya Asia Tenggara.Tumbuhan yang masih kerabat dengan temu pada umumnya ini juga memiliki khasiat yang tak kalah ampuh dari temu yang lain.Rimpang pada tanaman temu ini mengandung minyak atsiri sebanyak 1,2 persen dari total susunan rimpang.Temu kunci dengan nama latin atau bahasa ilmiah Boesenbergia rotunda (L.). Bentuk temu kunci agak berbeda dengan temu-temuan yang lain karena tumbuhnya yang vertikal ke bawah.

Khasiat Herbal Temu Kunci

Ciri umum temu kunci
-Warna rimpang kuning terang
-Bentuk bulat telur memanjang
-Bau sangat beraroma dan wangi
-Akar kuat
-Daun 3 atau 4 helai
-Pelepahnya berwarna merah
-Bunga majemuk terminal pada batang semu
-Kelopak bunga 1,5–2 cm, ujungnya membelah
-Mahkota bunga tersusun membentuk tabung 4,5–5,5 cm bercuping memanjang 1,5–2 cm
-Staminodia lateral merah muda pucat, ca. 1,5 cm
-Labellum putih atau merah muda dengan setrip ungu, 2,5–3,5 cm, cekung
-Tangkai sari pendek; bercabang dua, 1–3 mm

Baca juga : Khasiat Buah Maja

Temu kunci merupakan jenis tanaman herbal, ini tentunya karena khasiat dan kandungan kimia yang terdapat didalam tanaman tersebut diyakini mampu mengobati berbagai jenis penyakit yang sedang diderita, dalam ilmu kimia temu kunci terdapat kandungan minyak asiri seperti sineol, kamfer, d-borneol, d-pinen seskuiterpene, zingiberen, kurkumin, zedoarin dan pati.Zat penyusun minyak atsiri pada temu kunci adalah kamfer, sineol, metil sinamat dan hidromirsen. Selain minyak atsiri ada juga kandungan damar, pati, saponin, alipinetin dan flovonoid pinostrolerin. Temu berperan untuk mengobati sariawan, mengatasi sulit buang air kecil, penambah nafsu makan, mengatasi masuk angin dan memudahkan keluar angin, dan sebagainya

Bagi sebagian orang yang gemar dengan sayur bening, entah itu bayam atau kelor, rasanya kurang lengkap jika tidak ditambah dengan temu kunci. Karena memang temu kunci dengan aromanya yang khas mampu membuat rasa si sayur bening ini menjadi lebih menggoda.

Manfaat dan Khasiat Temu Kunci untuk kesehatan dan cara mengolahnya :

1. Obat masuk angin
15 gram temu kunci, 1 sendok teh adas, dan 2 jari pulasari, dihaluskan lalu digosokkan pada bagian perut, lakukan 1 sampai 2 kali sehari. Mengatasi perut kembung, 5 gram temu, daun temu kunci secukupnya, ditumbuk hingga halus lalu ditempelkan pada perut sebagai tapal.

2. Mengatasi gatal-gatal
Temu, adas, dan pulasari dihaluskan lalu dijadikan tapal atau bedak tebal yang ditempelkan pada perut. Mengatasi gatal-gatl, 10 gram temu, 5 gram temu lawak, 15 gram kunyit, dan 15 gram daun ketepeng cina kering dihaluskan lalu dibalurkan pada bagian tubuh yang sakit.

3. Sebagai obat keputihan
Jangan anggap spele masalah keputihan karena ini cukup berbahaya bagi kaum wanita. Untuk membuat ramuan keputihan Anda perlu menyeiapkan, 10 gram temu, 5 gram kunyit, 5 gram temulawak, dan 15 gram sambiloto kering, direbus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 400 cc. Lalu disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc, lakukan dua kali sehari.

4. Obat panas dalam
10 gram temu kunci yang dipotong-potong, 25 gram daun kumis kucing segar, dan 20 gram daun sosor bebek segar, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Ramuan disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc, lakukan dua kali sehari. Mengatasi tuberkulosis, 15 gram temu kunci dan 4 gram biji pinang dihaluskan lalu ditambahkan 200 cc air masak, kemudian disaring dan diminum airnya.

5. Penambah stamina
Campurkan empat rimpang temu kunci seukuran jari dengan 500 gr temu lawak. Setelah ditumbuk, dicampur air, lalu peras. Agar tidak terlalu hambar, air perasannya dapat ditambah sedikit madu, diminum segelas sehari.

6. Perangsang ASI
Ambil 20 gram temu kunci (kurang lebih 6 rimpang), dipotong kecil-kecil, direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Tambahkan garam secukupnya. Setelah dingin disaring dan diminum sekaligus.

7. Bersih siri setelah bersalin
Caranya, campur 4 rimpang temu kunci seukuran jari dengan 50 gr temu lawak. Kemudian ditumbuk dan dicampur air untuk diambil sarinya. Agar tidak telalu hambar dapat ditambahkan sedikit madu, dan selanjutnya diminum segelas setiap hari. Konsumsi jamu temu kunci ini dianjurkan minggu pertama pasca melahirkan. Manfaat temu kunci ini dapat mengembalikan stamina dan kebugaran tubuh ini, seperti pati, saponin, dan flavonoid.

8. Antimikroba
Untuk membuktikan manfaatnya bagi kesehatan, kunci telah menarik perhatian bagi kalangan akademis di negeri ini untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Diantaranya dengan melakukan uji coba terhadap ekstrak temu kunci sebagai antimikroba.

9. Bumbu Sayur
Bila Mendengar kata temu kunci, maka orang langsung tertuju pada ramuan sayur bening, Untuk mengolah masakan yang terdiri dari bayam, jagung muda, dan tomat ini, temu kunci memang lazim sebagai salah satu bumbunya. Jika lupa, bisa jadi sayur bening itu akan kehilangan rasanya yang khas dan kesegarannya.

10.Diare pada bayi
Ambil 1 rimpang kunci yang besar, cuci bersih. Bakar (digarang) di atas api kecil, tumbuk halus. Oleskan pada perut bayi lalu ikat perutnya denagn popok. Dapat dilakukan selama 3 hari.

11.Sariawan dan panas dalam
Ambil 3 jari rimpang kunci, 1genggam daun saga segar,  1 rimpang kunyit, 3 gelas air. Kupas kunci dan kunyit, iris tipis-tipis, rebus bersama daun saga hingga tinggal 2 gelas. Saring, minum pagi dan malam setelah makan.

12.Tipus
Ambil 3 jari kunci, 1 genggam daun saga segar, 1 jari kunyit, kuning telur ayam kampung, 1 sendok makan madu, ¼ gelas air matang. Kupas kunci dan kunyit, cuci, tumbuk halus bersama daun saga. Tambahkan ¼ gelas air matang, saring, campur dengan kuning telur ayam kampung dan madu. Minum sehari sekali setelah makan.

13.Keputihan
Ambil 10 gram kunci, 5 gram kunyit, 5 gram temulawak, 15 gram sambiloto kering. Kupas kunci, kunyit dan temulawak, iris tipis-tipis. Rebus semua bahan dengan 1 liter air, hingga tinggal separuh, saring, minum 2 kali sehari setelah makan.