Meskipun belum mengenal nama ilmiah bagi masyarakat Jawa Barat khususnya yang tinggal didaerah perkampungan sudah lama mengenal dan memanfaatkan daun dari tanaman yang biasa dijadikan pagar kebun yakni kadondong cina khususnya bagian pucuk yang masih muda sebagai teman nasi yang dimakan dengan cara dicocol ke sambal dan mempercayainya bahwa dengan mengkonsumsi daun tersebut setelah direbus akan melancarkan bauang air kecil meski air seni yang keluar bakal tercium aroma tajam menyengat.Bahkan bagian kulit batang yang banyak mengandung air ini dijadikan sebagai kompres ketika anak demam.


Khasiat Mujarab Tanaman Berlangkas

Baca juga : Manfaat Tanaman Bandotan

Menurut wikipedia Daun berlangkas (Polyscias fruticosa) adalah tumbuhan sayur-sayuran yang dimanfaatkan sebagai lalapan. Ia berbentuk perdu, dan daunnya menyerupai kedondong (Spondias pinnata (L.f.). Oleh sebab itu, tumbuhan ini disebut daun kedondong. Daun berlangkas dikenal dengan nama-nama seperti daun papéda papua (Ambon.), kadondong laut, kadondong cina (Sunda.), kedondong laut (Jawa.), kadundung patedhan (Madiun.), bombu, puding (Melayu dan Makasar.), keudem rintèk (Minahasa), gurabati, tampusong (Ternate), cakla cikli dan déwu papua. Di luar negeri, daun berlangkas dikenal dengan nama kuku garuda, pokok teh (Malaysia), ming aralia, aralia (Inggris.).

Ciri dari Berlangkas yaitu tanamannya yang berbentuk perdu, Batang tegak, bulat dan berwarna hijau kekuningan, Ukuran bunga kecil berwarna hijau tersusun payung, Dan buahnya buni berwarna hijau keunguan serta ketinggian pohon mencapai hingga 3 meter. Nah yang sering dipertanyakan disini adalah : Apa saja manfaat dan Khasiat Daun Berlangkas bagi kesehatan? Mungkin jawaban singkat dibawah ini bisa membantu!

Daun berlangkas ternyata memiliki senyawa tertentu yang ampuh untuk menyehatkan tubuh Anda. Beberapa senyawa bahkan bisa mengatasi berbagai macam penyakit kronis sampai dengan penyakit yang sederhana sekalipun tidak cuma mampu mengibati penyakit saja akan tetapi daun berlangkas juga mampu menjaga kesehatan tubuh dan juga mampu memperkasa stamina organ vitaitas secara alami karna daun berlangkas juga memiliki khasiat serta manfaat yang sama dengan Testo Ultra dalam memaksimalkan sistem kinerja dalam tubuh . Bentuk daun ini pun cukup unik, mirip dengan payung yang disusun rapi. Keunikan ini akan memudahkan Anda dalam mengidentifikasi daun berlangkas dengan lebih cepat yang bertujuan untuk menangangi penyakit di tubuh dengan cepat pula.

Daun berlangkas, mapun daun kedondong ini adalah perdu tegak atau pohon kecil yang tingginya mencapai 2-3 m. Batangnya ini tegak, berkayu, bulat, dan hijau kekuningan. Daunnya bulat telur, rata atau keriting, tepinya bergerigi halus tersusun ganda. Pertulangan daun menyirip, berukuran 8–15 cm × 3–7 cm. Bunganya berjumlah 5-8 kuntum yang tersusun dalam payung, dan perhiasan bunganya berwarna hijau dan berukuran kecil. Tumbuh di ketiak daun, kelopaknya berbentuk mangkok, bertaju, kelopak bunga berbentuk mangkok, mahkota bunga berbentuk bulat telur, halus, benang sari silindris, dan berwarna kuning. Buahnya tergolong buah buni, bulat, dan berwarna hijau keunguan. Bijinya bulat pipih berwarna hitam. Sedangkan akarnya tergolong akar tunggang berwarna coklat.

Daun berlangkas berasal dari daerah Pasifik, dan sudah menyebar hingga ke Eropa. Di Indonesia, banyak ditanam di kebun, halaman, sepanjang jalan, dan batas-batas pekarangan. Bertumbuh baik di pekarangan. Di Jawa, daun berlangkas sering ditanam sebagai tanaman pembatas. Di Vietnam, daun berlangkas ditanam sebagai tanaman obat. Menurut Heyne mengutip Rumphius bahwa tumbuhan ini langsung dimasukkan ke kota Ternate, Kota Ambon sebagai tanaman hias. Yang unik, daun berlangkas ini dipergunakan sebagai tanaman hias di dalam gedung pengadilan pada masa penjajahan Kolonial Belanda di Ambon. Selain itu pula, tumbuhan ini juga diperkenalkan sebagai tanaman obat.

Manfaat dan Kegunaan
Semak ini dipergunakan sebagai lalaban. Diperjualbelikan terutama di pasar-pasar di Jawa Barat. Penduduk mengambil daunnya dari hasil menanam di sekitar rumah mereka, dan acap kali dpergunakan sebagai tanaman pagar. Karena daunnya indah berwarna-warni, spesies ini sering dijadikan sebagai hiasan. Selain itu, daun, pucuk muda, dan akar dikonsumsi mentah-mentah atau dimasak terlebih dahulu. Dahulu, di Ternate, masyarakat memasak daun berlangkas dengan ikan dan daging sebagai campuran sayur.

Rumphius mengataan bahwa rasa seluruh bagian daripada daun berlangkas adalah tajam. Sementara itu, W.G. Boorsma sebagaimana dikutip oleh Heyne, mengatakan kalau akar daun berlangkas rasanya tawar. Akar dan daun dilumat dan direbus dan disaring, dapat dipergunakan sebagai peluruh air seni. Tumbuhan ini juga dipergunakans sebagai obat di Vietnam, Jawa, Fiji, dan Kamboja sebagai analgesik, obat penurun panas, dan pelancar air seni. Tangkainya dipergunakan sebagai dupa oleh pendeta Buddha di Kamboja.

Tumbuhan ini juga bernilai ekonomi, dimana sejak tahun 1970 petani di daerah Kabupaten Sukabumi menanam daun kedondong sebagai tanaman hias yang dijual ke Korea dan Jepang dengan harga sebatang pohon harganya 10 ribu Rupiah untuk tanaman berumur 18 bulan.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Berlangkas

Berikut adalah beberapa khasiat mujarab dari tanaman obat keluarga berlangkas yang dirangkum dari beberapa sumber :

1. Menurunkan demam
Khasiat daun berlangkas yang pertama adalah sebagai daun yang ampuh untuk menurunkan panas demam. Daun ini punya sifat anti piretik, yaitu sifat anti demam yang akan membantu tubuh untuk mengontrol suhu tubuh.

2. Melancarkan saluran kencing
Khasiat daun berlangkas yang selanjutnya yaitu menjadi daun yang mencegah kesulitan saat buang air kecil. Daun ini adalah daun alami yang bagus untuk melancarkan saluran kencing Anda agar tidak menyebabkan infeksi.

3. Mengatasi Anemia
Bagi anda yang mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah dianjurkan untuk mengkonsumsi kedondong, dengan mengkonsumsi 100 gr anda sudah mengasup 30 mg zat besi, dapat membantu proses pembentukan sel darah merah.

4. Mencegah penyakit jantung
Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, kedondong mengandung kalsium, seperti ayng ktia ketahui, kalsium sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.

5. Menjaga stamina tubuh
Khasiat daun berlangkas juga ampuh untuk menjaga stamina tubuh. Bagi Anda yang mempunyai pekerjaan dengan kuota kerja yang cukup banyak bisa menggunakan daun ini untuk menambah stamina dalam tubuh.

6. Menambah nafsu makan
Khasiat daun berlangkas akan membuat nafsu makan Anda bertambah. Daun ini punya kandungan alami yang akan membuat tubuh Anda terangsang untuk mengonsumsi makanan dengan lebih sering setiap harinya.

7. Mengatasi diare
Obati diare dengan menggunakan daun berlangkas adalah pilihan yang tepat. Daun kedondong laut ini akan membunuh bakteri serta kuman yang menyebabkan pencernaan Anda terjangkit diare dengan alami.

8. Mengobati wasir
Atasi penyakit wasir dengan memanfaatkan daun berlangkas. Khasiat daun kedondong laut ini ampuh sebagai daun obat yang akan mengobati wasir dengan cepat. Tak ada salahnya mencoba daun ini terlebih dahulu.

Manfaat dan Khasiat Buah Kedondong Bagi Kecantikan
Kaya akan kandungan vitamin C yaitu 30-50 mg dalam 100 gram buah kedondong sehingga rajin mengkonsumsi buahnya dapat membantu proses regenerasi kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen yang berperan penting dalam elastisitas kulit. Selain itu, vitamin C juga bersifat antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas.

Manfaat dan Khasiat Daun Berlangkas Lainnya :
Anti bakteri
Mengobati ambeien
Mengatasi influenza
Menyegarkan tubuh
Mencegah maag