Kolang-kaling atau cangkaleng dalam bahasa sunda biasa juga disebut buah atap adalah nama camilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Kolang kaling yang dalam bahasa Belanda biasa disebut glibbertjes yang secara harafiah berarti "benda-benda licin kecil" ini dihasilkan dari buah pohon aren (Arenga pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah. Untuk membuat kolang-kaling, para pengusaha kolang kaling biasanya membakar buah aren sampai hangus atau merebusnya, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam. Biji yang sudah direbus tersebut kemudian direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermentasikan.

manfaat-khasiat-kolang-kaling

Cara Membuat Kolang Kaling

1. Pemilihan buah berkualitas

pemilihan buah sangat penting dalam menentukan kualitas produksi nantinya. Biji kolang kaling tidak bisa terlalu tua ataupun terlalu muda.

2. Perebusan Buah

setelah pemilihan buah dilanjutkan dengan proses perebusan, perebusan berguna untuk menghilangkan getah pada buah, yang dikenal sangat gatal dan korosif

3. Pengupasan buah

untuk mengambil biji dilakukan pengupasan menggunakan pisau kecil

4. Menggepeng dan masa fermentasi kolang-kaling

biji kolang kaling akan dipipihkan atau di gepeng menggunakan alat tertentu dan kemudian direndam menggunakan kapur sirih dan air bersih untuk memulai proses fermentasi

Kandungan Buah Kolang Kaling

Kolang-kaling memiliki kadar air sangat tinggi, hingga mencapai 93,8% dalam setiap 100 gram-nya. Kolang kaling juga mengandung 0,69 gram protein, 4 gram karbohidrat, serta kadar abu sekitar satu gram dan serat kasar 0,95 gram. Selain memiliki rasa yang menyegarkan, mengonsumsi kolang kaling juga membantu memperlancar kerja saluran cerna manusia. Kolang-kaling merupakan salah satu buah khas dalam bulan Ramadhan yang disajikan dalam bentuk kolak dan es buah.

Kandungan karbohidrat yang dimiliki kolang kaling bisa memberikan rasa kenyang bagi orang yang mengonsumsinya, selain itu juga menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun, sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet. Kolang-kaling juga bermanfaat untuk mengobati nyeri sendi dan mengandung kalsium sama dengan tulang sapi. Kandungan mineral seperti protasium, iron, kalsium mampu menyegarkan tubuh dan memperlancar proses metabolisme tubuh. 

Manfaat dan Khasiat kolang kaling untuk kesehatan tubuh

1. Mendukung Kesehatan Tulang

Biasanya sebagian orang akan rajin mengonsumsi susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh. Namun, bentuk kalori dalam susu berisiko tinggi, sehingga tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. Terlebih tak semua orang dapat mengonsumsi susu atau produk susu seperti pada umumnya. Oleh sebab itu, kamu bisa mengonsumsi kolang kaling untuk menjaga kesehatan pada tulang. Kandungan kalsium yang cukup tinggi pada kolang kaling bisa menjadi alternatif yang cukup untuk sumber kalsium. Dengan memenuhi kecukupan asupan kalsium dalam tubuh akan membantu untuk memperkuat tulang.

2. Berguna sebagai Anti-aging

Siapa sangka ternyata kolang kaling bermanfaat sebagai anti aging, lho. Menurut sebuah penelitian kandungan galaktomanan dalam kolang kaling membantu proses penghambatan tirosinase lebih dari 50%.Kandungan ini akan membantu memberikan pigmen berwarna pada kulit. Selain itu, sifat anti aging akan membantu melawan radikal bebas yang menjadi pemicu penuaan dini pada kulit kamu.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kolang kaling mengandung agar-agar yang memberikan efek rasa kenyang, sehingga dapat membantu mengatur nafsu makan. Selain itu, kandungan kadar gelatin yang cukup tinggi di dalamnya juga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet. Jadi, kamu tak perlu khawatir jika sedang dalam nafsu makan yang berlebihan karena buah ini akan menghilangkan nafsu makan yang berlebihan tersebut.

4. Memperlancar Sistem Pencernaan

Manfaat kolang-kaling lainnya adalah memperlancar sistem pencernaan. Kandungan serat yang dimiliki sangat bermanfaat dalam melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh. Jika kamu kesulitan buang air besar, coba konsumsi 5-10 buah kolang kaling yang diberi sedikit larutan air gula. Kamu juga bisa menambahkan secukupnya pewarna makanan agar terlihat lebih menggoda. 

5. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam buah kolang-kaling mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, ia mampu menangkal radikal bebas agar tidak melekat pada sel dan jaringan tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan. Sehingga tubuh mudah terserang oleh berbagai macam penyakit.

6. Mencegah Anemia

Zat besi dalam kolang kaling merupakan komponen penting dari hemoglobin yang berfungsi untuk memasok oksigen ke berbagai jaringan tubuh melalui sirkulasi darah. Jika kamu mengomsumsi kolang kaling dipercaya dapat membantu mencukupi asupan zat besi yang dibutuhkan di dalam tubuh. Apabila zat besi dalam tubuh telah terpenuhi maka dapat mencegah risiko terjadinya anemia.

7. Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat kolang kaling untuk kesehatan lainnya adalah mampu menjaga kadar gula darah karena adanya indeks glikemik yang rendah di dalam kolang kaling. Seperti yang diketahui apabila indeks glikemik dalam makanan tinggi dapat membuat lonjakan kadar gula darah. Jadi, aman bagi penderita diabetes untuk mengonsumsi kolang kaling.

8. Mengobati Radang Sendi

Kolang kaling memiliki sifat anti analgesik yang bisa membantu meredakan penyakit radang sendi. Selain itu, kandungan galaktomannan di dalamnya juga bermanfaat mengurangi rasa sakit pada radang sendi. Kamu bisa mulai mencoba mengonsumsi 100 gram kolang kaling yang direbus tanpa campuran pewarna atau gula tambahan untuk mengurangi rasa sakit pada sendi.

9. Mencegah Dehidrasi

Seperti yang kita tahu bahwa kolang kaling memiliki kadar air yang cukup tinggi, sehingga mampu membantu tubuh terhindar dari dehidrasi. Selain itu, kolang kaling juga mengandung vitamin dan mineral di dalamnya. Meskipun baik untuk mencegah dehidrasi, pastikan kamu mengonsumsinya dalam porsi yang cukup agar terhindar dari obesitas dan penyakit kronis.

10. Menghasilkan Cadangan Energi

Selain membantu menjaga kesehatan tulang, kandungan fosfor di dalam buah kolang kaling juga bermanfaat sebagai penyimpanan energi cadangan. Sebab, tubuh akan selalu membutuhkan fosfor untuk menggerakkan otot, menghasilkan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari, dan menyimpan cadangan energi. Kolang-kaling juga berkaitan erat dengan kesehatan jantung dan fungsi saraf tubuh.

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling

Setelah kita mengetahui kandungan dan khasiat kolang kaling untuk kesehatan. Kamu bisa mulai mencoba mengonsumsinya dalam berbagai macam olahan, salah satunya menjadi manisan.

Bahan-bahan yang diperlukan:

500 gram kolang kaling 

200 gram gula pasir

600 ml air

5 butir cengkeh

1 lembar daun pandan 

2,5 cm kayu manis

Pewarna makanan sesuai selera 

Cara mengolah buah kolang kaling:

Tuang air ke dalam panci dan panaskan. Kemudian, masukkan daun pandan, kayu manis, gula pasir dan cengkeh, lalu diamkan hingga air mendidih dan harum. Masukkan kolang kaling ke dalam air yang mendidih. Kecilkan api dan tunggu hingga kolang kaling matang. Kemudian tambahkan sedikit pewarna. Apabila sudah matang, angkat kolang kaling dan tuang ke dalam wadah atau toples. Simpan di dalam kulkas terlebih dahulu sebelum disajikan agar lebih nikmat dan segar.